Selasa, 06 September 2016

SMA Negeri 1 Waru Ajarkan Murid Kewirausahaan


Entrepreneurship merupakan jiwa kewirausahaan yang dibangun bertujuan untuk menjembatani antara ilmu dengan kemampuan pasar atau marketing. Entrepreneur meliputi pembangunan atau pembentukan sebuah perusahaan dengan produk baru. Kegiatan kewirausahaan juga merupakan kemampuan managerial yang diperlukan oleh seorang entrepreneur.

  Pada hari Sabtu tanggal 3 September 2016, tiga perwakilan dari masing masing kelas X, XI, dan XII SMA Negeri 1 Waru dikumpulkan dan dibimbing Bu Setya untuk diberi bimbingan serta pelajaran tentang kewirausahaan, yaitu, bagaimana cara berwirausaha, tips agar produk bisa laku, dan bagaimana cara mendapat keuntungan. Di situ, Bu Setya menyampaikan pemberian tugas kepada setiap kelas untuk membuat produk yang bisa dijual kepada masyarakat umum. SMAN 1 Waru akan memberikan modal sampai satu juta rupiah pada setiap kelas, sehingga mereka juga perlu membuat proposal tentang produk mereka.

  Semua kelas perlu membagi tugas pada anggotanya, pembagian meliputi presiden, wakil presiden, manajer, dan masih banyak lagi. Dalam kegiatan entrepreneur ini, semua siswa dari setiap kelas harus berpartisipasi dan bekerja sama. Mereka dibebaskan membuat susunan jabatan serta produk kewirausahaan mereka.

  Dengan adanya bimbingan untuk menjadi seorang entrepreneur, murid diharapkan bisa menyalurkan kreativitas mereka masing - masing, terlatih untuk menjadi pribadi yang mandiri dan pekerja keras, serta seorang pemimpin yang dapat menjalin kerja sama yang baik dengan kelompoknya. Kegiatan ini juga diharapkan melatih siswa agar meningkatkan serta menjaga kekompakan masing - masing kelompok. Selamat bekerja dan semoga sukses untuk para entreprenuer SMA Negeri 1 Waru


Oleh : Julia Ahri Alwi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar